Haji Udin Terpilih Kembali Jadi Kepala Desa Tamansari

PANGKALAN, RAKA- H. Udin Syarifudin, calon incumben Kepala Desa Tamansari, Kecamatan Pangakalan, terpilih kembali sebagai Kepala Desa Tamansari. Udin berhasil unggul cukup jauh dari ketiga calon lainnya.

Cece Kunadi SPd, Ketua Pelaksana Pilkades Tamansari mengatakan, jumlah partisipasi pemilih cukup bagus. Dari total hak pilih sebesar 4742 orang, yang tidak hadir sebanyak 175 orang. "Untuk pelayanan pada pemilih yang sudah tua renta atau pada penyandang cacat atau sakit bisa di antar oleh pihak keluarga dan jika pihak keluarga tidak bisa atau tidak ada baru diantar oleh pnitia itupun hanya memfasilitasi bukan mempengaruhi pemilih, selain itu tidak bisa mengantar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga asas demokrasi pemilih,dan merupakan penghargaan pada pemilih yang berusaha datang untuk memilih," paparnya disela-sela pilkades, Minggu (30/6).

Adapun perolehan suara dalam Pilkades Tamansari, lanjutnya, dari jumlah total mencapai 4742 yang hadir dan memberikan hak pilihnya mencapai 4567 dengan rincian suara sah 4511 dan tidak sah 56 serta yang tidak hadir hanya 175. Adapun perolehan suara untuk masing-masing nomor diantaranya, nomor satu Juhadi memperoleh suara 1329, nomor dua H Udin Syaripudin memperoleh suara 1646, nomor tiga Memed memperolah suara 1320, dan nomor empat Hadi Syukur memperoleh 216. "Suara tertinggi diperoleh H. Udin Syarifudin dengan jumlah suara 1646," ucapnya.

Sebelumnya, Drs Usep Supriatna Camat Pangkalan menuturkan, siapapun yang akan menjadi kepala desa yang sah, diharapkan dapat menjalankan roda pemerintahan sebagaimana mestinya, serta dapat membawa masyarakatnya kearah yang lebih baik lagi. Sebab, bagi pemerintahan di tingkat kecamatan yang berfungsi dan berperan untuk melakukan pembinaan pada semua desa. "Siapaun yang terpilih untuk memimpin Desa Tamansari mendatang, diharapkan dapat bekerja sama. Sebab kalaupun seorang Kades di pilih langsung oleh masyarakatnya, akan tetapi pemerintahan kabupaten dalam pembianaan desanya merupakan tanggungjawab apatur pemerintah di tingkat kecamatan," ujarnya yang memantau pelaksanaan pilkades sampai selesai penghitungan suara.

Sementara itu, Ajun Komisaris Polisi Sutedjo, Kepala Polisi Sektor Pangkalan saat di tanya tentang pengamanan menjelaskan, selain anggota Polsek secara keseluruhan, dalam pengamanan inipun juga di perbantukan 60 personil Brimob ditambah dengan seumlah personil TNI AD. "Dalam pemilihan inipun berjalan lancar, sesuai dengan harapan Kapolsek hingga pemilihan berakhir, bahkan hingga ada pemenangnya dapat terus menjaga kondusif," tuturnya.

Dalam pilkades tersebut, sejumlah pemilih dibantu panitia karena kendala kesehatan. Salah satunya Kemin (50), warga Kampung Bunder yang mengalami sakit pada kakinya akibat bisa yang mengenai kakinya, hingga dalam melakukan pemilihannya pun di papah oleh panitia, bahkan sebelum sampai pada lokasi pemilihan di gendong. Uci (55) warga Kampung Citaman, pemilih tuna netra yang dalam melakukan pun dibantu oleh paniia. (ark)

Komentar

Postingan Populer