Petani Tonjong Perlu Pasokan Air Sawah


Irigasi Tonjong Diharapkan Alirkan Air Secara Optimal

PANGKALAN, RAKA - Irigasi Tonjong diharapkan bisa mengalirkan air lebih baik dari sebelumnya pasca selesainya proyek rehabilitasi talang irigasi tersebut. Petani berharap kebutuhan air sawah untuk masa tanam musim ini bisa terpenuhi secara optimal. 

Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Dewi Sri untuk daerah irigasi Tonjong, Ano Sukarno, baru-baru ini mengatakan, bertepatan dengan air akan dibutuhkan oleh petani perbaikan talang selesai, maka tinggal menunggu beberapa hari saja, air sudah bisa dialirkan. "Jika sekarang langsung dialirkan pekerjaanya sendiri baru selesai, dan khawatir terjadi kerusakan. Sebab kondisi lapisan semennya (aciannya, red) masih basah pada bagian atas, kalau untuk bagian dasarnya sudah direndam beberapa hari lalu," ucapnya. 


Dijelaskan bahwa rendaman tersebut bertujuan ketika talang digunakan pada bagian bawahnya sudah corannya sudah benar-benar kering. Hingga tidak terjadi rembesan yang terkadang lama-kelamaan menjadi besar dan berbahaya. Maka dengan diuji menggunakan metode direndam diharapkan tidak terjadi rembesan, hingga talangnya sendiri menjadi awet. Sehingga jika saja pemerintah untuk kembali membangun sarana air untuk pertanian, maka ketika talang ini kokoh, berarti tinggal memperbaiki bagian lainnya, dan jika semuanya awet sesuai dengan umur ekonominya, semuanya bisa diperbaiki.

   
Ditambahkan Ano, hal tersebut merupakan salah satu bentuk program Pemerintah Karawang melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk memperbaiki talang Bendung Tonjong, yang jebol di tahun 2012 lalu. Kalaupun tetap berfungsi dengan upaya swadaya Petani yang ada diwilayah kerja GP3A Dewi Sri. Namun mengingat pentingnya sarana tersebut dalam mengalirkan air di Daerah Irigasi (DI) Tonjong yang mengairi areal sawah hingga ratusan hektar, hingga kembali dibangun. Hal inipun menjadikan motivasi bagi ketua GP3A Dewi Sri ini untuk terus mempertahankan budaya iuran yang sudah di lakukan sejak terbentuk lembaga tersebut beberapa tahun yang lalu. 


Menurutnya hal tersebut merupakan salah salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan perawatan daerah irigasi. Sebab jika saja selalu bergantung pada pemerintah, maka selama itulah petani tidak akan bisa mandiri. Dia juga mengaskan bahwa anggran pemerintah bukan hanya melayani satu program saja, akan tetapi melayani hingga ratusan program, maka jangan kaget ketika ada keterlambatan atau tidak sesuai keinginan. 


Untuk mengantisipasi keterlembatan tersebutlah patani ini harus sudah siap karena pada hakekatnya yang menggunakan air itu adalah petani, dan ketika tidak ada bantuan dari luarpun (baik pemerintah maupun pengusaha) petani tetap membutuhkan air. Dari kondisi tersebutlah harapan ketua GP3A Dewi Sri ini bukan hanya dapat mempertahankan iuran yang sudah berjalan saja, akan tetapi dapat menambah program-program yang sekiranya mendukung pada kesadaran petani (dari segi administrasi) dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri. Karena diyakini bahwa dari potensi daerah irigasi Tonjong mempunyai potensi yang cukup baik terutama dengan kondisi air yang sangat stabil, ditambah dengan daya dukung masyarakat yang masih mempunyai kekompakan. Hingga dengan menggulirkan program apapun yang bersifat untuk kemajuan masyarakatnya akan selalu merespon dengan baik.  


Aleh (43) petani penerima manfaat dari Bendung Tonjong yang sekaligus bagian dari pengurus GP3A Dewi Sri ketika dimintai konfirmasinya berharap baik gambar teknik atau kontruksi untuk pembuatan talang akan lebih baik, dan merupakan hasil dari ananlisa pembuatan talang sebelumnya yang hanya bertahan dalam satu tahun. Apakah disebakan oleh cara pengerjaanya, atau kontruksinya yang jelas untuk saat ini pengerjaan tersebut bertepatan dengan kebutuhan petani yang akan kembali menggarap lahan pertaniannya. Dia juga menyebutkan keterlibatannya baik yang bersifat swakelola, atau oleh kontraktor maupun  dalam pengerjaan kerja bakti yang digelar secara swadaya oleh petani melalui Iuran Penggunaan Air (Ipair). (ark)


Komentar

Postingan Populer